How To - IDN Times Community

Bagaimana caranya mendapatkan jutaan Rupiah dari tulisanmu?

Selain karya tulismu mendapat kesempatan untuk dibaca dan dibagikan ke jutaan pembaca di Indonesia, kamu juga akan mendapatkan apresiasi lebih berupa poin. Poin tersebut bisa dikonversikan menjadi uang. Nah, bagaimanakah caranya?

  1. Tulis sebuah artikel atau topik yang kamu sukai atau sesuai dengan kategori di IDN Times. Pastikan tulisanmu itu bagus supaya bisa mencapai pageviews yang tinggi.
  2. Setiap 100 views dari artikelmu, kamu akan mendapatkan 1 poin. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Lalu tukarkan poinmu dengan uang atau barang yang telah disediakan. Minimal poin yang dapat ditukarkan adalah 500 poin.

Misalnya:

Artikelmu mencapai sebanyak 150.790 pageviews. Maka kamu akan mendapatkan 1500 poin. Poin ini bisa kamu tukarkan (redeem) dengan uang senilai Rp 150.000,-.

Bagaimana cara menukarkan (redeem) poin?

  1. Masuk ke halaman DASHBOARD
  2. Cek berapa jumlah total poin yang sudah kamu kumpulkan
  3. Jika poinmu sudah cukup memenuhi batas minimal redeem (500 poin), maka kamu sudah bisa melakukan proses penukaran poin.
  4. Klik tombol redeem, kemudian akan muncul pop up .
  5. Isi data diri, nomor telepon dan nomor rekening.

Syarat dan ketentuan redeem poin:

  1. Poin yang didapatkan berasal dari jumlah total views dari semua artikel yang telah diterbitkan.
  2. Perhitungan konversi dari views menjadi poin adalah: 100 views = 1 poin.
  3. Minimum jumlah poin yang bisa ditukarkan/ redeem adalah: 500 poin.
  4. Jumlah poin otomatis akan berkurang setelah melakukan proses redeem.
  5. Perhitungan analytics jumlah views hanya berdasarkan dari DASHBOARD IDN Times, bukan dari hasil perhitungan dari tools analytics lainnya.
  6. Apabila artikel berhasil ditampilkan di LINE Today, Page views yang didapatkan dari LINE Today tidak dihitung dikarenakan sistem perhitungan yang berbeda. Namun, nama penulis artikel tetap akan ditampilkan.
  7. IDN Times Community berhak menolak klaim redeem poin community writer yang dicurigai memanipulasi dan melipat gandakan jumlah views artikel dan poin.
  8. Apabila community writer terbukti melakukan tindak kecurangan dalam memanipulasi jumlah views artikel dan poin, IDN Times berhak untuk memblokir atau menghapus akun community writer tersebut.
  9. Proses penukaran uang hanya bisa dilakukan melalui rekening BCA.

How to create post in IDN Times Community?

Kunjungi idntimes.com, lalu masuk ke kategori COMMUNITY; atau langsung klik community.idntimes.com. Kemudian, klik tombol “Create Post” di pojok kanan atas. Lalu login menggunakan akun Facebook atau email. Setelah login, mulai setup profilmu dan membuat karya tulismu.

IDN Times Community menyediakan dua jenis post yang bisa kamu tulis, yaitu:

  1. Listicle
  2. Narasi

Listicle

Kalau kamu ingin menulis artikel yang berisikan poin-poin seperti di artikel-artikel IDN Times, maka pilihlah “listicle”. Kamu gak usah bingung, karena di dalam form akan ada banyak petunjuk dan langkah-langkah untuk membuat artikel. Paling pas untuk menulis beraneka ragam artikel dengan menggunakan banyak visual.

Narasi

Narasi adalah jenis post yang berbentuk deskripsi atau uraian. Paling pas untuk kamu yang ingin menulis cerpen, opini, puisi, atau surat terbuka.

Panduan membuat artikel di IDN Times Community

Ketentuan konten di IDN Times Community:

  1. Orisinal dan asli dari hasil kreativitasmu sendiri.
  2. Menggunakan bahasa Indonesia yang lugas dan menarik untuk dibaca.
  3. Kreatif, informatif, menghibur dan bermanfaat bagi para pembaca.
  4. Kamu juga bisa kok mengirimkan karyamu yang sudah pernah diunggah di blog pribadimu (namun bukan di media lain).
  5. Foto atau gambar yang terdapat dalam konten harus disertakan sumber asli dan memiliki resolusi yang bagus, tidak pecah, dan tanpa watermark.
  6. Belum pernah diterbitkan di media massa manapun (kecuali blog pribadi).
  7. Dilarang keras melakukan plagiarisme dalam bentuk dan alasan apapun.
  8. Tidak bermuatan SARA, fitnah, hate speech, kampanye, komersil dan promosi.
  9. Tidak diperbolehkan submit ulang konten yang pernah diterbitkan di IDN Times Community.

Peraturan IDN Times Community:

  1. IDN Times Community berhak untuk menyunting konten yang kamu buat sebelum diterbitkan.
  2. IDN Times Community berhak menggunakan konten milik kontributor untuk kepentingan promosi, tentunya dengan persetujuan kontributor yang bersangkutan terlebih dahulu.
  3. Kontributor yang karyanya berhasil dimuat di IDN Times Community boleh menerbitkan ulang di media massa lain minimal satu bulan setelah penerbitan, dengan catatan wajib mencantumkan keterangan bahwa pernah diterbitkan di IDN Times Community.
  4. Apabila dalam jangka waktu satu minggu karyamu belum diterbitkan, berarti IDN Times Community menganggap karya tersebut belum layak. Jangan khawatir, kamu tetap bisa mencobanya kembali.
  5. IDN Times Community akan memberikan poin terhadap tulisanmu. Poin ini bisa ditukarkan dengan uang ataupun barang.
  6. Semua konten yang dikirim sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. IDN Times Community hanya menyediakan sarana untuk berkarya, dan tidak bertanggungjawab atas kebenaran dan keabsahan informasi pada setiap konten.
  7. Apabila kontributor menyalahi dan melakukan pelanggaran terhadap aturan yang berlaku, maka IDN Times Community berhak memutus kerjasama dan menutup akun kontributor yang bersangkutan secara sepihak.

Tips agar karya tulismu cepat diterbitkan oleh IDN Times Community

  1. Buatlah judul semenarik mungkin. Tulislah judulmu dengan tata cara penulisan judul yang baik dan benar.
  2. Sertakan nama sumber dan sumber link foto secara legkap. Pastikan sumber dan link foto tersebut berasal dari sumber yang terpercaya. Jangan mencantumkan sumber link foto dari google image. Masuklah dulu ke website asal foto tersebut, lalu copy link website tersebut.
  3. Gunakan foto yang menarik dan relevan dengan isi artikel. Kamu boleh kok memakai foto pribadimu, asalkan foto tersebut nyambung dengan isi artikelmu. Pastikan fotomu memiliki resolusi yang bagus (tidak pecah), minimal berdimensi 800 x 600 px, dan tanpa watermark.
  4. Pastikan kamu sudah menulis dengan baik dan benar. Cek terlebih dahulu typo error dan tanda bacanya sebelum submit artikelmu.

Yuk, tulis sekarang juga karya tulismu melalui IDN Times Community! Ini kesempatanmu agar karya tulismu bisa dibaca dan menginspirasi ribuan anak muda Indonesia. Bila ada kritik dan saran, atau kamu menemukan bug/ error pada IDN Times Community, beri tahu kami melalui email: community@idntimes.com